Pages

Friday, March 25, 2011

Taktik Naik Bus

Setelah 1 tahun lebih naik bus luar kota ke kantor setiap hari kecuali Minggu, akhhirnya aku bisa nemu taktik jitu dapetin bus yang enak, nyaman dan cepat dengan tarif reguler. Begini taktiknya kalau berangkatnya dari Surabaya:
1. Datang lebih awal ke terminal
Kalau memang belum hafal jam-jamnya bus berangkat, rasanya datang lebih awal memang lebih menguntungkan daripada mepet dan terburu-buru. Karena apa, dengan datang lebih awal kita bisa melihat situasi dan kondisi terminal. Kalau memungkinkan, hindari berangkat dari terminal malam hari. Selain rawan kejahatan, jumlah bus di atas jam 8 malam susah sangat sediki

2. Jangan Ragu Menunggu
Misalnya bus yang di line paling depan itu tampilan fisiknya jelek, atau perusahaan otobusnya kurang bonafid, skip aja. Tunggu bus belakangnya. Misalnya mau ke Madiun, langkah pertama lihat jurusan Ponorogo (Line 3), kalau disitu ada Bus Restu bergambar panda (Restu Panda), naiklah. Tapi kalau jelek, skip, lihat bus dibelakangnya, kalau POnya Restu Panda, Mandala AC, atau Akas AC lebih baik tunggulah sampai bus kedua itu maju ke urutan pertama.

3. Cari Jurusan Alternatif
Kalau misalnya bus yang kita tuju selalu penuh, cari rute alternatif. Satu kota tidak hanya dilewati satu trayek bus. Misalnya, kalau mau ke Kediri. Ada beberapa trayek yang bisa dinaiki untuk sampai ke sana. Pertama langsung naik bus jurusan Kediri. Kedua, naik bus jurusan Madiun/Ponorogo/Solo/Jogja tapi turun di pertigaan Bra'an terus ganti bus jurusan Kediri yang pasti sudah lebih sepi karena banyak penumpang yang turun di Mojokerto dan Jombang. Kalau masih berdiri juga ya nasibmu :p

4. Berpikir Efisien
Beberapa jurusan memang tersedia bus Patas. Memang harganya 2 kali lipat lebih mahal, tapi kadang sampai tujuan juga nggak selalu ontime. Makanya, untuk beberapa jurusan seperti Malang, Madiun, Ponorogo, Solo dan Jogja, jangan sungkan-sungkan untuk naik bus AC Tarif Biasa (ATB). Lebih murah, tapi konsekuensinya di bus ATB pengamen dan asongan lebih leluasa berkeliaran.

5. Don't Judge The Bus By It's Body
Bus dengan bodi bagus belum tentu nyaman. Tapi bus yang jelek belum tentu nggak enak. Menurut pengalamanku, hindari naik bus seperti Jaya, Neo, Pelita Indah, Dana Dhasih, Cendana, dan Indrapura. Bus-bus ini dari luar bodinya terlihat bagus, tapi kebanyakan ACnya nggak dingin (cuma keluar angin doang) dan hati-hati, kadang beberapa bus itu narik tarifnya kelebihan. Bus yang bodinya paling bagus menurutku adalah Restu Panda, tapi hati-hati kalau naik itu, karena semua orang tahu itu bus yang nyaman, makanya semua masuk. Alhasil, Restu Panda jadi nggak nyaman karena hampir selalu penuh untuk jam keberangkatan pagi dan sore.

6. No Threesome
Maksudnya, pilih tempat duduk yang buat dua orang, hindari tempat duduk yang buat tiga orang, karena walaupun kelihatan lebih luas, tapi kalau diisi penuh 3 orang akan lebih sempit.

7. Posisi Menentukan Prestasi
Kalau masih bisa memilih tempat duduk, selain pilih yang buat 2 orang, hindari memilih tempat duduk di depan sendiri dan baris setelahnya. Ngeri. Selain itu hindari pula tempat duduk belakang nomor 1 atau 2 setelah pintu. Karena biasanya itu pas di atas roda, goncangannya terasa banget. Kecuali untuk yang sudah terbiasa.

8. Biar Bediri Asal AC
Kalau bepergian pas high season seperti lebaran, tips-tips di atas sudah hampir nggak ada gunanya lagi. Tapi yang perlu diingat adalah, lebih baik berdiri naik bus AC daripada bus non AC.

That's all, semoga bermanfaat. Have a nice bus trip :)

2 comments:

Ms Mushroom said...

hahaha, nice tips, dit :D

andi dewanto said...

tips yang oke ! akan saya perhatiken !