Pages

Saturday, January 8, 2011

Korban Persaingan Bus

Kemarin waktu pulang kantor ada kejadian yang lucu-lucu megelno. Begitu bel bunyi, seperti biasa langsunglah karyawan pabrik kerta berhamburan keluar. Pertamanya aku jalan santai aja, pas di jembatan penyeberangan datanglah bis Restu "panda", AC tarip biasa dengan bus bermesin Hino karoseri Adi Putro yang terkenal nyaman haucek sing cing ping.

Nggak menyia-nyiakan kesempatan, aku langsung lari menerobos gerombolan ibu-ibu yang berjalan lambat sambil bergosip di jembatan penyeberangan. Begitu sampai di bawah, eeehhh lha kok bisnya sudah jalan. Otomatis langsung kuteriakin, "hoi hoi hoi..."

Dasar bis ya.. kalo denger teriakan mesti berhenti. Pintu depan dibuka, lalu masuklah aku. Jreenngg.. tampaknya sudah penuh sodara-sodara. Sudah pada berdiri. Aku udah pasrah aja, kalopun berdiri ya gak apa-apa wong bisnya AC gini.

Lhaaaa... kok tiba-tiba terdengar sopirnya ngoceh "iku mudun-mudun, biasane numpak Akas ngono kok saiki numpak Restu. Hayo mudun!!"
Asyeeemmm... akhirnya aku sama 2 orang temenku yang memang langganan Akas hanya bisa turun sambil misuh-misuh.

Mungkin bapak sopirnya dendam sama kita-kita ini. Soalnya dulu waktu belum ada Akas jurusan Ponorogo yang berangkat jam 7.58 kita ini naiknya ya Restu. Mulai dari bisnya belum AC sampai ganti armada jadi AC semua. Sampai akhirnya beberapa bulan kemarin muncullah bis Akas yang fasilitasnya sama AC tarif biasa.
Bisnya juga sama-sama bermesin Hino tapi karoserinya buatan New Armada yang sebenarnya kalah enak dibanding karoseri Restu buatan Adi Putro. Tapi masalah bisnya enak atau nggak enak itu nomor dua, yang penting buat orang-orang seperti kita-kita ini adalah ketepatan dan kecepatan.

Sebenarnya Restu berangkat lebih cepat, jam 7.58 dan Akas ada di belakangnya jam 7.02. Tapi kenyataannya yang terjadi adalah. Saat Restu berangkat jam 7.58, Akas ini ikutan berangkat juga. Jadi bareng berangkatnya. Kalaupun nggak bareng, paling selisihnya 1-2 menit aja. Akibatnya di jalan jadi kebut-kebutan balapan. Disinilah Restu selalu kalah. Nggak tau kenapa walaupun sama-sama mesinnya, tapi Restu itu bisnya seperti nggak bisa lari. Alhasil, Akas selalu sampai di Pabrik 3-5 menit lebih cepat dari Restu.

Aku dan beberapa teman yang dulu langganan Restu akhirnya diam-diam pindah bis. Bahkan kita-kita ini rela naik dari line 2 biar gak ketinggalan. Tentu saja pindahnya sembunyi-sembunyi, soalnya kalo ketahuan kru bisnya Restu pasti diteriakin atau disindir-sindir hehehe... Malu bo' :p Mungkin gara-gara itu ya si Pak Sopirnya Restu kemarin ngambek nggak mau bisnya dinaikin kita-kita hahaha...

4 comments:

Frenavit Putra said...

Wih sampai segitunya ya mas persaingan bis.. sampai tau kita naik bis apa biasanya.. hmm..

Ditya said...

makane... aku ya heran kok

andinoeg said...

tapi mosok sampe di mudunno, wah...

Anonymous said...

restu sby-banyuwangi yg gak AC kru nya lebih parah,,gk ada sopan2nya sama penumpang,sampek pernah sama temen ku di lempar batu kaca belakangnya pas turun,,gara2 mau turun busnya gak mau berhenti soalnya ada penumpang lain yg mau turun tapi masih jauh,jd turnnya di barengin,kan sama2 bayar,udah gitu kru nya malah marah2,, ya pantes klo di lemparin batu,masih untung gak di bakar,,wkwkwk